Sabtu, 16 Oktober 2010

Di Pasar Modern, Harga Beras Naik Tiga Kali

A A A Dibaca 201 kali
Ilustrasi Stok Beras
Tribun Jabar/Deni Denaswara
Ilustrasi Stok Beras –
BANDUNG, TRIBUN - Berbeda dengan harga jual terigu dan gula, yang cenderung stabil, harga jual komoditas beras, khususnya, di pasar-pasar modern, dalam dua bulan terakhir, mengalami tiga kali kenaikan.

"Betul. Yang kami perhatikan, penjualan beras di pasar-pasar modern, mengalami kenaikan. Setidaknya, tiga kali. Tapi, itu pun secara bertahap. Rata-rata, tiap tahap kenaikannya 5 persen," tandas Sekretaris Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jabar, Henri Hendarta, Rabu (24/8).

Mengenai penyebab kenaikannya, Henri mengaku tidak mengetahui secara pasti. Akan tetapi, prediksinya, kenaikan itu terjadi karena beberapa faktor.

Misalnya, akibat melonjaknya permintaan. Faktor cuaca pun, dapat berpengaruh pada harga jual. "Komoditas hasil pertanian dan peternakan, memang bergantung pada kondisi alam, termasuk cuaca," kata Henri.

Mengenai harga jual komoditas beras di pasar-pasar modern, Henri mengutarakan, rata-rata, harga jualnya senilai Rp 7.400 - Rp 8.500 per kilogram. "Di pasar modern, penjualan beras menggunakan sistem packing. Per packing-nya, berukuran 5 kilogram. Harga jualnya, sekitar Rp 40-an ribu," pungkasnya.


http://www.tribunjabar.co.id/read/artikel/28404/di-pasar-modern-harga-beras-naik-tiga-kali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar