Sabtu, 16 Oktober 2010

Potensi Usaha Produk Sperma Sapi Hasil Pemisahan (Sexing)

Abstrak
Subsektor peternakan adalah salah satu subsektor pada sektor pertanian yang secara langsung berhubungan dengan pemenuhan konsumsi protein hewani masyarakat, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak, membuka kesempatan kerja di pedesaan.

Pelaksana : Ekayanti M. Kaiin, Fifi Afiati dan Muhammad Gunawan
Abstrak
Subsektor peternakan adalah salah satu subsektor pada sektor pertanian yang secara langsung berhubungan dengan pemenuhan konsumsi protein hewani masyarakat, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak, membuka kesempatan kerja di pedesaan. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi protein hewani masyarakat, permintaan makanan asal ternak akan terus menerus meningkat akibat dari pertumbuhan penduduk, peningkatan konsumsi nasional sebagai hasil dari peningkatan pendapatan masyarakat. Produk sperma sapi hasil pemisahan akan sangat membantu pembangunan peternakan sapi potong dan sapi perah di Indonesia. Pada peternakan sapi potong misalnya tentu diharapkan akan lahir anak sapi yang berjenis kelamin jantan begitu pula sebaliknya pada peternakan sapi perah lebih mengharapkan anak yang lahir betina, atau dapat diprogram untuk melahirkan anak sapi dengan proporsi jantan dan betina sesuai keinginan. Kegiatan pada tahun 2007, selain dilakukan kegiatan produksi straw sperma sexing beku juga dilakukan pengujian kualitas produk, pengujian kualitas semen yang dikoleksi, perbaikan proses pembekuan dengan alat Minicool yang diprogram dengan komputer dan perbaikan kemasan straw. Hasil menunjukkan bahwa semen sapi Simmental dan FH yang dikoleksi layak untuk disexing dan sperma yang telah disexing memenuhi standar untuk dibekukan. Hasil pengujian kualitas straw sperma beku menunjukkan bahwa kualitas sperma sexing yang telah dibekukan selama 6 bulan tetap mempunyai kualitas yang sama dengan pada saat pembekuan. Selama tahun 2007 telah diproduksi sebanyak 2.866 straw sperma sapi sexing beku. Selain itu juga telah dilakukan pembuatan analisis usaha pembuatan sperma sexing apabila akan diproduksi secara komersil.

  http://www.biotek.lipi.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=441:Potensi%20Usaha%20Produk%20Sperma%20Sapi%20Hasil%20Pemisahan%20%28Sexing%29&catid=126&Itemid=54

Tidak ada komentar:

Posting Komentar