Sabtu, 16 Oktober 2010

Hasil Produk UKM Laris di Pusat Grosir Tanah Abang

PEDAGANG Pusat Grosir Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat, benar-benar berpesta. Keuntungan berlipat mereka dapatkan selama bulan puasa. "Biasanya cuma Rp500 ribu, selama bulan Ramadan bisa Rpl juta per hari." tutur Hasma, 38, pemilik toko pakaian anak Fa-dhillah di lantai lima menjawab pertanyaan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan.
Syarief Hasan mengunjungi Pusat Grosir Blok A Pasar Tanah Abang, kemarin, untuk mengetahui pergolakan barang-barang hasil perajin UKM. Ia mendatangi sejumlah kios didampingi pemilik Blok A Tanah Abang Djan Farid dan pengelola Blok A Radiza Djan. Hal senada diungkapkan Andi, 38, pedagang pakaian anak yang diproduksi sendiri.
"Ramai sekali pas bulan puasa sampai sekarang. Omzet meningkat dua kali lipat, biasa keuntungan Rpl juta, berlipat jadi Rp2 juta," tuturnya. Dalam kunjungannya. Syarief mengaku senang dengan kemajuan pengusaha UKM di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang. Sebagian besar toko yang dikunjungi memang menjual barang buatan negeri sendiri.
"Temyata banyak yang memproduksi sendiri barang dagangannya. Saya berharap tetap seperti itu. Produksi lokal dengan kreasi sendiri akan meningkatkan nilai tambah," katanya. Menurutnya, kendala terbesar pelaku UKM dalam bersaing tersangkut masalah pemasarandan ketidakmampuan menyewa kios usaha di tempat strategis. Ketidakmampuan tersebut, paparnya, sering kali menghambat perkembangan para pengusaha yang mengandalkan produk sendiri.
Setelah mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang, Syarief mengunjungi gedung Blok B. "Saya dengar di Blok B ini akan dibangun 300 kios baru. Mudah-mudahan dalam waktu enam bulan ke depan sudah terbangun. Nanti pengusaha UKM kami undang, kalau kesulitan memasarkan produknya, kami tampung di sini," ujarnya.
Dia menambahkan, pengelola Blok A Tanah Abang telah memberikan dukungan kepada pelaku UKM dengan memberikan sewa gratis kepada pemilik toko sampai mampu meningkatkan omzet dan produktmtasnya. "Pedagang di sini belum membayar sewa kios, hanya bayar service charge dan listrik saja," tutupnya. C/J-l)

http://bataviase.co.id/node/376876

Tidak ada komentar:

Posting Komentar